Fostering Government in Innovation


Tidak terasa sudah 2 tahun kita beradaptasi dengan pandemi dan mulai menjalani era new normal. Pandemi menuntut kita untuk mulai mengurangi interaksi fisik dan lebih banyak menggunakan teknologi digital untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya ketika melakukan pemesanan barang atau bahan makanan, bahkan saat ini pertemuan di kantor dan di sekolah dilakukan secara online. Hal ini menunjukkan bahwa dampak pandemi COVID-19 telah mengubah hampir seluruh tatanan kehidupan dan memberikan peluang bagi inovasi baik sektor publik maupun swasta.

Setiap elemen negara yang meliputi pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil harus berinovasi. Inovasi di instansi pemerintah sangat penting karena dapat mempercepat inovasi swasta dan publik dalam meningkatkan pelayanan publik. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki tantangan besar untuk mewujudkan inovasi dalam kondisi yang sangat dinamis akibat pandemi ini.

Oleh karena itu, JPPC mengakomodasi diskusi dan pembelajaran dari best practice yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara.