Jakarta - Dalam rangka meningkatkan keterampilan interpersonal dan komunikasi, Jakarta Public Policy Center (JPPC) BPSDM Provinsi DKI Jakarta telah menyelenggarakan pelatihan Effective Strategies for Public Speaking and Complaint Management. Pelatihan ini diikuti oleh Penyuluh Keluarga Berencana dari Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta dan dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi DKI Jakarta, Bapak Mochamad Miftahulloh Tamary, S.STP., M.T., M.Sc., yang diwakili oleh Kepala UPT Pusat Pengembangan Kompetensi dan Kebijakan Publik, Bapak Achmad Zen, S.Kom. pada tanggal 20 Maret 2024.
“Saya harap pelatihan ini dapat dimaksimalkan sebaik-baiknya sehingga kedepannya peserta dapat semakin menumbuhkan semangat untuk melayani dan meningkatkan kompetensi dalam berkomunikasi dengan masyarakat serta mengimplementasikan di tempat tugas masing-masing untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.” ucap Bapak Achmad Zen, S.Kom.
Penyuluh Keluarga Berencana sebagai garda terdepan pengelola pelaksanaan program KB di masyarakat utamanya di Provinsi DKI Jakarta, tentunya memiliki tantangan tersendiri. Keterbatasan waktu dan sumber daya yang dimiliki menuntut Penyuluh KB untuk dapat menyampaikan materi dengan efektif dan menyeluruh, serta diterima masyarakat dengan baik. Ketidaktepatan informasi dapat mempengaruhi efektivitas program KB dan upaya penyuluhan. Harapannya, dengan pelatihan ini Penyuluh KB dapat mengatasi tantangan dengan berbagai strategi yang sesuai dengan kondisi lokal dan karakteristik masyarakat yang di layani.
Menurut Ibu Tiur Roma Lili, salah satu peserta dari Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Kota Administrasi Jakarta Selatan, “Pelatihan kali ini membuat saya percaya diri untuk berbicara di depan publik dengan mengetahui cara mempersiapkan diri ketika saya nantinya melakukan penyuluhan di lapangan. Penyampaian materi sangat menyenangkan dan tidak jenuh, kita diberikan saran dan ilmu untuk siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.”